Visi dan Misi Sekolah

A. VISI SMA NEGERI MOJOAGUNG

Visi SMA Negeri Mojoagung adalah “Bertakwa, Berprestasi, Cinta Tanah Air dan Berbudaya Literasi

Indikator Visi SMA Negeri Mojoagung:

  1. Bertakwa
  • Memiliki kesadaran dalam melaksanakan ibadah.
  • Memiliki budi pekerti dan akhlak mulia.
  • Memilikibudaya bersih dan ramah lingkungan.
  • Memiliki budaya 7S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Salaman, Senang).
    1. Berprestasi
  • Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Memiliki nalar kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif.
  • Mengembangkan inovasi pendidikan.
  • Memiliki semangat untuk berprestasi secara berkelanjutan.
  • Memiliki Kemandirian belajar dan berorganisasi.
  • Menjalin hubungan kerjasama dengan lembaga pendidikan di daerah, nasional, dan internasional.
    1. Cinta Tanah Air
  • Memiliki kecintaan terhadap bangsa dan negara.
  • Memiliki kecintaan terhadap budaya daerah.
  • Memiliki rasa solidaritas dan toleransi terhadap keanekaragaman Bangsa Indonesia.
  • Memiliki kepedulian terhadap lingkungan.
  • Memiliki jiwa gotong royong dalamsemangat kerja.
    1. Berbudaya Literasi
  • Memiliki karakter gemar membaca, menganalisis, dan mendalami informasi dari berbagai sumber pengetahuan.

 

  • Memiliki kemampuan pengembangan literasi dasar.
  • Memiliki kemampuan dalam pengimbasan gerakan literasi pada masyarakat sekitar.

 

B. MISI SMA NEGERI MOJOAGUNG

Untuk mencapai visi dan membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila, maka SMA Negeri Mojoagung menetapkan misi sebagai berikut:

Bertakwa

  1. Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha
  2. Mengembangkanbudi pekerti dan akhlak mulia peserta didik melalui pengembangan kultur sekolah.
  3. Mengembangkankarakter peserta didik peduli kebersihan dan ramah lingkungan melalui pembelajaran yang berbasis kearifan lingkungan dan pengembangan kultur sekolah.
  4. Mewujudkan budaya 7S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Salaman, Senang) kearifanbudaya lokal dan pengembangan kultur sekolah.

 

Berprestasi

  1. Meningkatkanpembelajaran yang dapat mengembangkan peserta didik yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi
  2. Mengembangkansikap kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif melalui intrakurikuler dan projek profil pelajar Pancasila.
  3. Mengembangkan life skill peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler maupunekstrakurikuler
  4. Membangunkarakter peserta didik menjadi pembelajar sepanjang
  5. Mengembangkanhubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan maupun dunia usaha dan industri baik lokal, nasional maupun internasional untuk peningkatan  standar mutu
  6. Mengembangkanpotensi diri peserta didik menjadi manusia yang tangguh menghadapi persaingan global.

 

Cinta Tanah Air

  1. Mengembangkankarakter peserta didik untuk cinta tanah
  2. Membentukpeserta didik yang mampu mengembangkan potensi
  3. Mengembangkanrasa solidaritas dan toleransi peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
  4. Menciptakanlingkungan hijau, sejuk, rindang, aman, nyaman yang berwawasan wiyata
  5. Mengembangkanjiwa gotong royong  dalam semangat kerja melalui kegiatan intrakurikuler dan projek profil pelajar

 

Berbudaya Literasi

  1. Membudayakangemar membaca, menganalisis, dan mendalami informasi dari berbagai sumber pengetahuan melalui intrakurikuler dan projek profil pelajar
  2. Mengembangkan enam kemampuan literasi dasar melalui kegiatan intrakurikuler maupunekstrakurikuler.
  3. Mengembangkan kemampuan dalam pengimbasan gerakan literasi pada masyarakat sekitar melalui projekprofil pelajar

 

 

C. TUJUAN SMA NEGERI MOJOAGUNG

  1. TujuanJangka Pendek (1 tahun)
    1. Penerapan kurikulum merdeka Mandiri Berubahdengan memanfaatkan sepenuhnya platform Merdeka Mengajar yang disiapkan oleh Kemendikbudristek. Memilih CP, TP, ATP, perangkat ajar, asesmen, dan lain sebagainya di platform ini, yang juga sudah memuat segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh sekolah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka melalui laman: https://s.id/perangkat-kumer-semua-fase.
    2. Pengembangan kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
    3. Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2023/2024dilanjutkan dengan masa pengenalan lingkungan sekolah pelaksanaan di sekolah bekerjasama dengan TNI
    4. PelaksanaanTes Pengembangan Karir bagi kelas X
    5. Menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
    6. Menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
    7. Mewujudkan multi sumber belajar mengajar berupabuku panduan, buku pengayaan, buku referensi, buku elektronik, lingkungan luar sekolah dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
    8. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
    9. Melaksanakan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran yang dilakukan secara berkala pada tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
    10. Melaksanakanpendalaman materi untuk TPS untuk persiapan SNPMB, Tryout, Doa Bersama, Pertemuan orang tua bagi kelas XII untuk persiapan USPBK, SNBP dan UTBK,  kondisi yang diharapkan adalah :

 

  • Penerimaandi PT

SNBP =   50   siswa

SNPMB =  150 siswa

Vokasi =  20   siswa

Luar Negeri =      1   siswa

PTS =    40 siswa

  • Melaksanakan PembinaanKSN dan kegiatan ekstra kurikuler dengan target prestasi peserta didik tahun pelajaran 2023/2024 sebagai berikut :
    1. Akademik
  1. KSN

Kabupaten = 10  siswa

Provinsi =    3  siswa

Nasional =    1  siswa

  1. Lomba Akademik

Kabupaten = 20  siswa

Provinsi =  30  siswa

Nasional =  20  siswa

Internasional   =    1 siswa

  1. Lomba NonAkademik

Kabupaten =  20  siswa

Provinsi =  42  siswa

Nasional =  30  siswa

Interternasional =    1  siswa

  • Melaksanakan kegiatan pengembangan ketrampilan hidup berupa biologi terapan, fisika terapan, kewiarausahaan, dan kemampuan ICT.
  • Meleksanakan kegiatan pengembangan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai standar melalui kegiatan workshop, IHT, pelatihan, pendidikan, MGMP dan MGMPS.
  • Melaksanakan pemeliharaan sarana prasarana yang ada sesuai standar untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas.
  • MelaksanakanLatihan Dasar Kepemimpinan dan Kegiatan Pemilihan  OSIS sehingga terpilih pengurus OSIS tahun 2023-202
  • Melaksanakan Kegiatan Persami dalam rangka kegiatanPenerimaan Tamu Ambalan ambalan bagi siswa kelas X.
  • Melaksanakan Kegiatan Festival Literasi bekerjasama dengan Prmbina Literasi Sekolah dengan pihak lain untuk kelas X, XI dan kelas
  • MelaksanakanKe, giatan Peringatan Hari Besar Nasional dan Hari besar Keagamaan.
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yangdi barengi dengan kegiatan projek profil pelajar
  • Melaksanakan kegiatan literasi dasar dan literasi digital setiapHari Jum’at sebelum pembelajaran dimulai dan penerbitan Rapor Literasi setiap Akhir
  • Melaksanakan kegiatan tugas akhir literasi dasar dan literasi digital pada akhir tahun pelajaran untuk pesertadidik kelas XII diminta membuat karya tulis (cerpen) atau resume yang
  • Bekerjasamadengan Orang Tua peserta didik mengadakan studi kampus  ke UGM untuk kelas X
  • Bekerjasamadengan Orang Tua peserta didik mengadakan kunjungan studi ke ke dunia industri baik yang di dalam kota maupunyang di luar kota untuk kelas X.
  • Bekerjasamadengan Orang Tua peserta didik mengadakan kegiatan bhatimu negeri ke Wonosalam untuk mengembangkan projek profil pelajar Pancasila pada akhir tahun pelajaran.

 

  1. TujuanJangka Menengah (3 tahun)
    1. Membentuk peserta didik yang unggul dalam karakter:
  • Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  • Kejujuran
  • Kemandirian dalam belajar dan berorganisasi
  • Sosial
  • Peduli lingkungan
  • Budaya berprestasi (akademik maupun non akademik)
  • Cinta tanah air dan b
  1. Mewujudkankearifan lokal dalam menyikapi keberagaman agama, suku bangsa, golongan, , ras, gender, dan profesi serta perbedaan tingkatan sosial, ekonomi, pendidikan, dan kekuasaan dalam ruang lingkup lokal maupun global.
  2. Meningkatkan mutu lulusan dibuktikan dengan peserta didik dapat:
    • Melanjutkan di perguruan tinggi negeri maupun di sekolah kedinasan;
    • Menghasilkan karya literasi berupa cerpen, novel, puisi dan atau sejenisnya.
  3. Meningkatkan manajemen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
  4. Memanfaatkanteknologi informasi sebagai sarana pengembangan pendidikan.
  5. Mengembangkankecakapan intrapersonal dan interpersonal dan seluruh warga sekolah dan masyarakat.
  6. Meningkatkanperan serta peserta didik di berbagai lomba di bidang ekstrakurikuler maupun intrakurikuler baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan internasional.
  7. Meningkatkan potensi peserta didik dalam mengembangkan komunikasi sosialmelalui kemitraan yang berskala kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional.
  8. Meningkatkanpengelolaan manejemen sekolah.
  9. Mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan ramah dan inklusif bagi setiap warga sekolah.
  10. Mengembangkankemitraan dengan lembaga-lembaga Perguruan Tinggi maupun dunia usaha.
  11. Mengembangkanpembelajaran yang kolaboratif antarmata

 

  1. TujuanJangka Panjang (5 tahun)
    1. Menghasilkanlulusan yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak agamis.
    2. Menghasilkanlulusan yang berwawasan luas dan mampu bersaing dalam kehidupan nyata.
    3. Menghasilkanlulusan yang berjiwa Pancasilais, berbudaya lingkungan dan berbudaya literasi.

 

One Reply to “Visi dan Misi Sekolah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *